Upaya Pencegahan Stunting, Pemkab OKU Timur Kampanyekan Gemarikan

  • Bagikan

Sumatera Selatan, RB.CO.ID -Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Peternakan dan Perikanan bekerja sama Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Timur mengadakan kegiatan Lomba memasak pindang ikan gembira dan gerakan masyarakat makan ikan (Gemarikan), bertempat di Balai Rakyat Setda OKU Timur, Rabu 10 Agustus 2022.

Lomba Masak Ikan Pindang Gembira ini merupakan kegiatan pembinaan mutu dan keamanan hasil perikanan skala mikro dan kecil dengan tujuan utama untuk Pencegahan Stunting di Kabupaten OKU Timur.

Turut hadir dalam acara tersebut Perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumsel, Dandim 0403 OKU diwakili Pabung OKU Timur, Kajari OKU Timur, Wakapolres, Kepala BNNK, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sumsel, Perwakilan Danpuslatpur, Wakil Ketua TP PKK, Ibu Persit, Ibu Bhayangkari, dan 20 Camat Se-OKU Timur.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Sutrisno, S.E. M.M. dalam laporannya menyampaikan, “Potensi perikanan di OKU Timur dapat dijadikan modal kehidupan, kemudian program gerakan masyarakat makan ikan ini diharapkan mampu mewujudkan generasi yang sehat dan cerdas untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera, selain itu untuk memperkenalkan bahan baku olahan ikan kepada masyarakat luas serta mengingatkan tentang pentingnya gizi ikan dalam pencegahan stunting”.

Baca Juga =  Songsong Akademik 2022/2023 ITS NU Lampung Bahas Rencana Pembelajaran, Guna Meningkatkan Mutu Perkuliahan

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten OKU Timur dr. Hj. Sheila Noberta, SpA. MKes mengatakan “Stunting merupakan kurangnya asupan gizi pada anak. Salah satu upaya pencegahan stunting adalah dengan kampanye gerakan memasyarakatkan makan ikan atau gemarikan. Di OKU Timur sendiri, sasaran Program Gemarikan diprioritaskan pada posyandu, PAUD, TK dan anak-anak SD. Oleh karena itu Dinas Peternakan dan Perikanan bekerjasama dengan TP PKK OKU Timur mengadakan lomba masak ikan pindang gembira tahun 2022”.

Dalam sambutan dan arahannya, Bupati OKU Timur mengatakan “Di Sumatera ini kita merupakan nomor satu penghasil ikan, namun yang harus kita perhatikan adalah mutu dari ikan tersebut, artinya secara kualitas ikan dan pengolahannya harus lebih baik lagi. Maka dengan adanya Lomba Masak Ikan Pindang Gembira ini sangat berpengaruh dalam memberikan edukasi mengolah ikan agar lebih sehat untuk dikonsumsi. Gerakan masyarakat makan ikan ini perlu terus disosialisasikan, tak hanya kepada anak anak namun juga orang dewasa memerlukan nutrisi yang ada pada ikan” jelasnya.

Baca Juga =  Terima Piagam KLA 2022, Pemkab Lamteng Naik 1 Peringkat Dari Tahun Sebelumnya

“Dalam hal pengolahan ikan, terkhusus untuk para ibu-ibu agar dapat membuat inovasi-inovasi sehingga anak itu mau atau doyan makan ikan. Rasanya tidak mungkin angka stunting akan tinggi jika anak anak gemar makan ikan dengan disokong ketahanan pangan yang baik dan bahan baku ikan yang melimpah ruah. Saya mengapresiasi kegiatan ini dan saya ucapkan selamat kepada pemenang utama dan juara favorit, bagikan ilmu kepada peserta lain dalam membuat pindang ikan” tambah Enos.

Baca Juga =  Bupati Rencanakan Pelantikan BPD Se-Kabupaten Mesuji Awal Maret

Adapun pemenang lomba Juara Favorit versi Bupati H. Lanosin, S.T yaitu Kecamatan BP Peliung, Juara Favorit versi Ketua TP PKK Sheila Noberta Madang Suku 1. Kemudian Juara 1 Kecamatan Belitang Madang Raya, Juara 2 Kecamatan Belitang, Juara 3 Kecamatan Semendawai Suku 3, Juara Harapan 1 BP Peliung, Juara Harapan 2 Semendawai Barat, dan Juara Harapan 3 Kecamatan Bunga Mayang.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.