banner 1040x250

banner 728x250

Tumbuhkan Icon-Icon Pariwisata Tubaba, Bupati Keluarkan SK Pokdarwis

TULANG BAWANG BARAT, RUMAHBERITA.CO.ID – Icon-icon kepariwisataan di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) tumbuh pesat dalam beberapa tahun terakhir, hal itu mendasari terbentuknya Pokdarwis Kabupaten di wilayah setempat.

Penjabat Bupati Tubaba keluarkan Surat Keputusan (SK) terbentuknya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kabupaten setempat.

SK Pokdarwis Kabupaten Tubaba berdasarkan Surat Keputusan Bupati Tulang Bawang Barat Nomor : B/200/II.18/HK/TUBABA/2022 Tentang Kelompok Sadar Wisata merupakan perubahan susunan keanggotaan Pokdarwis maka keputusan Bupati Tulang Bawang Barat sebelumnya Nomor: B/231/II.18/HK/TUBABA/2021 Tentang Kelompok Sadar Wisata perlu dilakukan pencabutan dan digantikan dengan yang baru.

Kedepannya Pokdarwis Tubaba memiliki tujuh (7) tugas diantaranya, mendorong masyarakat agar menjadi tuan rumah yang baik dengan mendukung kegiatan Pariwisata Kabupaten Tubaba, meningkatkan motivasi masyarakat dalam rangka mendukung pembangunan kepariwisataan Daerah, meningkatkan kemampuan dan keterampilan para anggota dalam mengelola bidang usaha pariwisata dan usaha terkait lainnya.

Mengumpulkan, mengelola dan memberikan pelayanan Informasi kepariwisataan kepada wisatawan dan masyarakat setempat, sebagai penggerak sadar wisata dan sapta pesona di lingkungan wilayah destinasi wisata.

Mendorong terciptanya kondisi yang bersih, indah, aman dan tertib di sekitar wilayah daya tarik wisata/ destinasi pariwisata, serta menyebarkan luaskan informasi terkait dengan potensi kepariwisataan lokal dan kegiatan kelompok sadar wisata.

Setelah melaksanakan tugas nya Pokdarwis Tubaba kedepannya akan diminta untuk membuat laporan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Bupati Kabupaten Tubaba untuk di evaluasi dan dilakukan penilaian hasil kerja.

Sementara itu ketua Pokdarwis Kabupaten Tubaba Edi Zulkarnain mengatakan, setelah dikeluarkannya SK kepengurusan Pokdarwis tersebut pengurus Pokdarwis akan segera melakukan koordinasi dengan dinas terkait terkait upaya – upaya yang akan dilakukan termasuk penyusunan program kerja Pokdarwis tersebut.

Lanjut edi, pembangunan kepariwisataan memerlukan dukungan dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan di bidang pariwisata, masyarakat adalah salah satu unsur penting untuk pariwisata agar bersama-sama dengan pemerintah dan kalangan swasta bersinergi melaksanakan dan mendukung pembangunan kepariwisataan di daerah.

“Melihat dari posisi, potensi dan peran masyarakat baik sebagai subjek atau pelaku penerima manfaat pengembangan pariwisata, dukungan masyarakat menentukan keberhasilan jangka panjang pengembangan pariwisata,” ujarnya.

Kelompok sadar wisata ( Pokdarwis ) merupakan salah satu komponen dalam masyarakat yang memiliki peran dan kontribusi dalam pengembangan kepariwisataan di suatu daerah. Keberadaan Pokdarwis sendiri perlu didukung dan di bina sehingga bisa berperan secara efektif dalam menggerakan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan lingkungan dan suasana yang kondusif bagi tumbuh dan kembangnya kepariwisataan di sekitar destinasi wisata.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *