Pemerintah OKU Timur Peduli Petani, Hingga melakukan cetak sawah dan memberikan sejumlah alat pertanian kepada petani

  • Bagikan

MARTAPURA, RumahBerita – Gubernur Sumsel, H Herman Deru menghadiri kegiatan pemerintahan kabupaten OKU Timur dalam memperingati Hari Petani Nasional yang jatuh pada 24 September lalu. Pemerintah kabupaten OKU Timur melakukan cetak sawah dan memberikan sejumlah alat pertanian kepada petani di Desa Ringin Sari Kecamatan Belitang III, Minggu (27/9)

Bupati OKU Timur melalui Sekda, Jumadi SSos mengatakan, hari ini dilaksanakan panen dan cetak sawah di lokasi yang dicetak secara mandiri. Cetak sawah dapat meningkatkan rasio pemanfaatan lahan, mengurangi jumlah lahan terlantar, menambah area tanam, meningkatkan produksi padi, dan meningkatkan pendapatan produksi petani.

Baca Juga =  Cabor TaekWondo Porprov XIII Resmi Dibuka, 234 Peserta Mulai Bertanding

“Kabupaten OKU Timur memiliki empat Gapoktan dan dua Poktan yang telah memiliki sertifikat organik yang tersebar di empat kecamatan, yaitu kecamatan Belitang, Belitang II, Belitang III, dan BP Peliung dengan total luas 36,03 ha. Produksi beras mencapai 176,26 ton dalam sekali musim,” katanya.

Dalam kesempatan ini pula diserahkan bantuan kepada kelompok tani berupa alat mesin pertanian dan benih padi yang berasal dari direktorat jenderal pertanian berupa corn sheller dan power thresser. Diharapkan dapat meningkatkan dapat meningkatkan produksi, produktivitas meningkatkan mutu hasil tanam pangan, dan mendukung peningkatan ekspor.

Baca Juga =  Dampingi Gubernur Sumsel, Bupati H. Lanosin Hadiri Sidang Terbuka Prof. Dr. Ir. H. Garaika, S.E., M.M., M.Si

Kepala Dinas Pertanian OKUT, Sujarwanto mengatakan, di Hari Tani Nasional semoga para kesejahteraan petani terus meningkat dan bisa memproduksi kebutuhan pangan yang memang diperlukan masyarakat.

“Melalui cetak sawah yang ada di daerah dan mekanisasi pertanian, kita harapkan produksi padi di wilayah Bumi Sebiduk Sehaluan terus meningkat, sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup para petani kita,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Herman Deru mengatakan, pentingnya mengedukasi masyarakat agar lebih peduli bertani sawah karena dalam hidup ini hal yang utama adalah ketahanan pangan dan OKU Timur harus fokus pada potensi pertanian.(Riz)

Baca Juga =  Gubernur Sumatra Selatan H Herman Deru melantik secara langsung H. Lanosin Hamzah, S.T.  dan H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H. sebagai Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.