banner 1040x250

banner 728x250

Parosil Mabsus Hadiri Ramah Tamah dengan Irjen Kemendagri

LAMPUNG BARAT, RUMAHBERITA.CO.ID – Bupati Lampung Barat (Lambar) Parosil Mabsus dan Wakil Bupati Lambar Mad Hasnurin hadiri Ramah Tamah dengan Komjen Pol Tomsi Thohir yang merupakan Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang dilaksanakan di Gedung Dalom Kepaksian Pernong Batu Brak. Sabtu (1/10/22).

Acara ini dihadiri juga oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Mukhlis Basri, Sekretaris Daerah (Sekda) Nukman, Kapolres AKBP Heri Sugeng Priyanto Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Peratin.

Sebelum memasuki gedung dalom, terlebih dahulu dilaksanakan acara adat oleh kepaksian pernong. Kedatangan Tomsi thohir untuk melakukan ziarah dan tikham jama minak muakhi (rindu dengan sanak saudara).

Di lokasi anggota DPR-RI, Bupati Lambar dan Wabup mengikuti nyambai bersama ibu-ibu Radin Minak ayu kusuma kepaksian pernong.

Dalam sambutannya, Bupati Lambar menyampaikan Jajaran Pemkab Lambar mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada atin Tomsi sekeluarga besar yang telah berkenan bersilaturahmi serta mohon doa kepada kita semua yang ada di Lambar, karena beliau dipercaya menjadi Irjen di kemendagri dan kenaikan pangkat bintang tiga (3), ini bukan hanya menjadi kebanggaan masyarakat Lampung saja tetapi khususnya kebanggan masyarakat Lambar.

Pada kesempatan itu Parosil sekaligus berpamitan “Jabatan Bupati dan Wabup akan berakhir dua bulan lagi, keberhasilan dalam memimpin tidak terlepas dari dukungan kepaksian pernong, karena pesan dari Pun Edward Syah Pernong bahwa adat merupakan salah satu perekat bangsa dan jika orang beradat pasti beradab,” imbuhnya.

Saat ini kita telah membangun Lamban pancasila sebagai implementasi sarana adat tersebut. Kemudian, nyambai dan gambus tadinya hampir terlupakan karena era modernisasi, jika orkes gambus ini dikemas dengan bahasa Lampung dan dapat disandingkan dengan bahasa musik pasti akan bagus, tetapi harus ada komitmen dari seluruh lapisan masyarakat.

Harapannya “kedepan Nyambai ini tidak hanya milik Lambar tapi milik bangsa Indonesia, tidak hanya tampil di Lambar tetapi dapat tampil di semua daerah,” ujar Parosil.

Selanjutnya, 2021 Lambar mendapatkan penghargaan IGA yang merupakan Kabupaten paling inovatif dan mendapatkan penghargaan Satya Lancana Wirakarya, keberhasilan ini bukan hanya karena keberhasilan kepala daerah tetapi keberhasilan seluruh lapisan masyarakat.

Terakhir pihaknya mendoakan agar karir dari atin Tomsi sukses selalu.

Di Margasana Tomsi Thohir yang duduk berdampingan dengan Paduka Yang Mulia (PYM) Saibatin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Brigjen Pol. (Purn.) Drs. Pangeran Edward Syah Pernong, S.H., M.H gelar Sultan Sekala Bekhak yang di pertuan ke-23 sesekali berbincang dengan saudara sepupunya tersebut.

Tomsi thohir dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya atas kenaikan pangkat bintang tiga (3) serta kedatangannya juga untuk membahagiakan hati ibundanya yang ingin sekali pulang ke kampung halaman di Batu Brak.

“saya juga berterima kasih atas sambutan hangat ini,” ujarnya.

Kemudian, PYM SPDB Sultan Skala Brak Yang Dipertuan Ke 23 Brigjenpol (Purn.) Drs. Edward Syah Pernong, S.H., M.H. Mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Lambar khususnya Bupati Parosil Mabsus selama ini sudah turut mendukung kegiatan di Kepaksian Pernong.

“Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus selalu hadir dalam kegiatan-kegiatan di kepaksian pernong,” ujarnya.

Ia mengatakan terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah terlibat dalam persiapan kegiatan tersebut.

“Malam ini kita berkumpul sebagai wujud rasa syukur atas kenaikan pangkat dari adinda Tomsi,” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *