banner 1040x250

banner 728x250

Makin Menggeliat Pelaksanaan ANBK di SDN Pulo Gadung 01 Pagi Jakarta Timur 

JAKARTA, RUMAHBERITA.CO.ID – Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2022 akan segera digelar. ANBK adalah program untuk menilai mutu sekolah, madrasah, dan program kesetaraan di tingkat dasar dan menengah.

Program ANBK secara online dan semi daring dapat dilakukan di sekolah dan menggunakan komputer. Sebagai alternatif, asesmen nasional tersebut juga dapat dilakukan dengan berbagai sarana dan prasarana atau resource sharing.

ANBK dirancang guna menghasilkan informasi yang akurat supaya dapat memperbaiki kualitas belajar dan mengajar. Sehingga, nantinya juga akan meningkatkan hasil belajar siswa.

Asesmen Nasional bertujuan memperlihatkan apa yang semestinya menjadi tujuan utama sekolah, yaitu pengembangan kompetensi dan karakter murid.

“Dalam menunjang kegiatan ANBK di sekolah, maka perlu dilakukan terlebih dahulu pelatihan soal – soal ANBK kepada siswa. Dengan tujuan membiasakan siswa dalam penggunaan komputer/laptop sebagai perangkat yang akan digunakan saat pelaksanaan ANBK,” jelas Kepala SDN Pulo Gadung 01 Pagi Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur, Kokon Suhanda, S Pd. Senin (2/10/22).

Disamping mempersiapkan Sarpras, mengadakan sosialisasi kepada orang tua murid, dan mengadakan simulasi. Masih lanjut Kokon, perlu memperbanyak simulasi pengerjaan soal bagi peserta ANBK.

Perlu untuk diketahui ikut berperan dalam pelaksanaan PNBK tentunya seluruh warga sekolah.

Mutu satuan pendidikan atau sekolah yang dinilai dalam ANBK akan diukur menurut hasil belajar literasi, numerasi, dan karakter.

Disamping kualitas proses belajar-mengajar, juga iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Sehingga menurut Kokon, penggunaan kurikulum merdeka sudah tepat dalam penerapan ANBK.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *