Densus 88 Anti Teror Berhasil Ringkus, Zulkarnaen Tokoh Bom Bali I 18 Tahun Silam

  • Bagikan

Dokumen/IST/RB.Co.id

Lampung Timur,RB.co.id- Tim Datasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri menangkap satu orang teroris di wilayah Toto Harjo, Probolinggo, Lampung Timur, Kamis (10/12/2020) malam,setelah 18 tahun menjadi buronan kasus Bom Bali I tahun 2002 silam. Ada pun teroris merupakan anggota jamaab Islamiyah (JI) yakni Zulkarnaen alias Aris alias Zainal.

Zulkarnaen adalah pria kelahiran Sragen pada 1963 silam. Pendidikan terakhirnya adalah Biologi angkatan 1982 Universitas Gadjah Mada.sebelumnya Polisi juga sempat menggeledah kediaman Zulkarnaen saat melakukan penangkapan.

Baca Juga =  Gugur Saat Menangani Pandemi Covid-19, dr. Hj. Sri Haryati Mendapat Penghargaan dari Presiden RI

hal itu dibenarkan Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan, Zul ditangkap di wilayah Lampung Timur tanpa perlawanan. Zulkarnaen sendiri memiliki empat nama samaran alias yakni Aris Sumarsono, Daud, Zaenal Arifin, dan Abdulrahman.

“Ia ditangkap setelah sempat menyembunyikan buronan Upik Lawangan atas Taufik Bulaga yang sebelumnya sudah terlebih dahulu ditangkap. Zulkarnaen merupakan salah satu tokoh penting dalam kasus Bom Bali I pada 2002 silam,” ungkap Irjen Argo Wiyono dilansir dari berbagai media nasional, Sabtu (12/12/2020) malam.

Baca Juga =  Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pesantren Maqwa di Pesisir Barat

Nama Zul sendiri sempat memimpin Dewan Askari atau kelompok bersenjata Jamaah Islamiyah saat terjadinya Bom Bali I tahun 2002 lalu.Zulkarnaen adalah panglima askari (kelompok bersenjata) Jamaah Islamiyah ketika Bom Bali I.
Selain itu, Zulkarnaen juga turut terlibat dalam konflik di Poso dan Ambon pasca reformasi.

“Dia yang membuat Unit Khos yang kemudian terlibat Bom Bali, konflik di Poso dan Ambon. Unit Khos itu sama dengan Special Taskforce. Ia kemudian diamankan, dilakukan penggeledahan badan dan tempat tinggalnya, serta di sebuah tempat untuk dilakukan interogasi awal,” Ujar Argo Wiyono.(L/Red)

Baca Juga =  CANS Berinovasi Memberikan Layanan Terbaik Bagi WBP Dengan Mengadakan Program "Kuman Post"

 

Editor:Acong

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *