banner 1040x250

banner 728x250
Jambi  

Bupati Tanjabbar Harapkan Ekraf Fest Mampu Tingkatkan Daya Saing Produk Lokal

Bupati Tanjabbar Harapkan Ekraf Fest Mampu Tingkatkan Daya Saing Produk Lokal

Kualatungkal, Rumahberita.co.id – Menghadiri sekaligus menutup secara resmi kegiatan Ekraf Fest yang diselenggarakan di Alun-Alun Kota Kualatungkal, Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Drs. H. Anwar Sadat M.Ag harapkan penyelenggaraan ekraf fest ini mampu meningkatkan daya saing produk-produk local Tanjung Jabung Barat, Minggu (02/10/22).

Lebih lanjut, Bupati sampaikan bahwa salah satu contoh produk lokal yang saat ini mengalami perkembangan ialah Batik khas Tanjab Barat. Disampaikannya, saat ini Batik khas Tanjabbar memiliki lebih dari 100 jenis motif yang dielaborasi dari kearifan lokal.

“Ada lebih dari 100 jenis motif batik yang di elaborasi dari kaarifan lokal baik dari motif laut maupun macam-macam tumbuhan ini merupakan suatu kreasi untuk pengrajin batik kita dan sebagai upaya untuk meningkatkan inovasi pengrajin pembatik kita,” tutur Bupati.

Bupati juga berharap kegiatan Ekraf tersebut juga mendorong inovasi dan kreatifitas pelaku usaha kreatif dibidang lainnya, sehingga produk-produk lokal Tanjabbar terus meningkat secara kualitas yang tentunya bermuara pada meningkatnya daya saing produk lokal.

Sebagai upaya peningkatan ekonomi daerah, Bupati juga himbau masyarakat terus menggalakan budaya cinta produk lokal, sebagai mana yang telah diamanatkan oleh Presiden republik Indonesia dalam arahannya beberapa waktu lalu.

“Di tengah krisis ekonomi global dan sulitnya situasi ekonomi masyarakat kita, tapi kita selalu berkreasi, selalu mencari alternatif- alternatif lain. Untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat kita pada lapisan bawah. oleh karena itu kita jangan pernah berpikir tidak bisa, kita jangan pernah menganggap enteng sesuatu yang kecil, semangat kita berbuat dari sesuatu yang dipandang kecil, tapi yakinlah dan percayalah dengan keyakinan kita ekonomi Tanjab Barat dapat tumbuh pada masa-masa yang akan datang,” ungkapnya.
Mengakhiri sambutannya, Bupati sampaikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan Ekraf tersebut, selain itu Bupati juga sampaikan apresiasi kepada masyarakat yang telah berpartisipasi mengikuti penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Masih dalam kegiatan yang sama, Bupati juga melantik Rudi Chandra sebagai Ketua Komite Pengurus Ekraf Tanjabbar, dan melanjutkan pemberian hadiah kepada para pemenang parade Batik. Seperti diketahui, Dinas Parpora diputuskan sebagai peringkat pertama perlombaan tersebut, disusul oleh Kecamatan Bram Itam dan Kecamatan Muara Papalik.

Kegiatan penutupan kegiatan Ekraf Fest Tanjabbar Tahun 2022 ini, juga turut dihadiri oleh Kapolres Tanjab Barat, Ketua Dekranasda, Sekretaris Daerah, para Asisten, Kepala OPD, dan undangan lainnya. (Rhd/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *